Selamat Datang di http://abdulsyahid-forum.blogspot.com

Sabtu, 21 Maret 2009

Dasar-Dasar Statistika: Penyajian Data Statistik

Tujuan Penyajian Data
Tujuan penyajian data adalah:
1) Memberi gambaran yang sistematis tentang peristiwa-peristiwa yang merupakan hasil penelitian atau observasi,
2) Data lebih cepat ditangkap dan dimengerti,
3) Memudahkan dalam membuat analisis data, dan
4) Membuat proses pengambilan keputusan dan kesimpulan lebih tepat, cepat, dan akurat.

Cara penyajian data ada dua macam, yaitu :
1.Tabel, yaitu kumpulan angka-angka yang disusun menurut kategori-kategori. Misalnya berat badan menurut jenis kelamin, jumlah pegawai menurut pendidikan, jumlah penjualan menurut jenis barang dan daerah penjualan, dll.
2.Grafik, yaitu gambar-gambar yang menunjukkan secara visual data berupa angka atau simbol-simbol yang biasanya dibuat berdasarkan data dari tabel yang telah dibuat.

Tabel
Ada berbagai bentuk tabel yang dikenal, yaitu :
1.Tabel satu arah (one way table),
2.Tabel dua arah (two way table),
3.Tabel tiga arah (Three way table).

Tabel satu arah (one way table)
Yaitu tabel yang memuat keterangan mengenai satu hal atau satu karakteristik saja. Misalnya data Produksi kedelai menurut jenis varietas yang ditanam.


Tabel dua arah (two way table)
Yaitu tabel yang menunjukkan hubungan dua hal atau dua karakteristik yang berbeda. Misalnya data Produksi kedelai menurut jenis varietas dan daerah panen.


Tabel tiga arah (three way table)
Yaitu tabel yang menunjukkan hubungan tiga hal atau tiga karakteristik yang berbeda. Misalnya data hasil pengamatan produksi kedelai (ton/ha) menurut jenis varietas, daerah panen, dan jenis tanah.


Grafik
Ada berbagai bentuk grafik yang dikenal, yaitu :
1.Grafik garis (line chart),
2.Grafik Batangan (bar chart),
3.Grafik lingkaran (pie chart),
4.Grafik gambar (Pictogram chart).

Grafik garis (line chart)
Ada berbagai bentuk, yaitu :
a.Grafik garis tunggal (single line chart),
Yaitu grafik yang terdiri dari satu garis untuk menggambarkan perkembangan (trend) dari suatu karakteristik.


b.Grafik garis berganda (multiple line chart)
Yaitu grafik yang terdiri dari beberapa garis untuk menggambarkan beberapa hal/kejadian sekaligus.


Grafik Batangan (Bar chart)
Ada berbagai bentuk, yaitu :
a.Grafik batangan tunggal (single bar chart),
Yaitu grafik yang terdiri dari satu batangan untuk menggambarkan perkembangan (trend) dari suatu karakteristik.


b.Grafik batangan berganda (multiple bar chart),
Yaitu grafik yang terdiri dari beberapa garis untuk menggambarkan beberapa hal/kejadian sekaligus.


Grafik Lingkaran (Pie chart)
Yaitu grafik yang menggambarkan perbandingan nilai-nilai dari suatu karakteristik.


Grafik Gambar (Pictogram chart)
Yaitu grafik yang disajikan dalam bentuk gambar suatu karakteristik tertentu. Misalnya, untuk menyatakan jumlah penduduk pada tahun-tahun tertentu.




Pustaka
1. Anto Dajan. 1986. Pengantar Metode Statistik. Jilid II. PT. Pustaka LP3ES Indonesia. Jakarta.
2. Aunuddin. 2005. Statistika: Rancangan dan Analisis Data. IPB Press. Bogor.
3. Djarwanto PS dan Pangestu Subagyo. 1994. Statistik Induktif. BPFE Jogyakarta. Jogyakarta.
4. J. Supranto. 2001. Statistik: Teori dan Aplikasi. Jilid 2. Edisi Keenam. Erlangga. Jakarta.
5. Murray R. Spiegel dan I Nyoman Susila. 1984. Statistik. Erlangga. Jakarta.
6. Ronald E. Walpole dan Raymond H. Myers. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika untuk Insinyur dan Ilmuan. Terjemahan oleh RK. Sembiring. ITB Bandung. Bandung.
7. Sutrisno Hadi. 2004. Statistik. Jilid 1. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Artikel Dasar-Dasar Statistika: Penyajian Data Statistik versi pdf silahkan download disini

16 komentar:

  1. aslkm pak saya masisawa faperta, mo nanya, KK saya ada yang
    19,86,kemudian 22,21 kemudian 27,14, saya menggunakan RAL satu faktor, yang mau ditanyakan
    apakah saya harus uji normalitas atau uji homogenity,
    kemudian baru ditransformasi, tolong dijelaskan sejelas-jelasnya, kalo bisa bapak terangkan cara penggunaan
    uji normalitas dan uji homogen dengan minitab, dan mhon saran-saranya
    o iya pak tolong juga cara- cara menetukan transformasi,seprti transformasi akar,arcsin,log dll. saya mhon bapak segera balas
    seblumnya terma kasih banyak atas bantuan bapak

    BalasHapus
  2. ini email saya marolmarol58@yahoo.com

    BalasHapus
  3. askm pak mhon maaf sblmnya, hanya saran, tolong pak kalo bisa disini membahas mengnai olah data dengan excel, Minitab, statsoft staitica.dll . sya suadah baca mengenai transformasi data, terima kasih banyak pak udah jelaskan. :).

    BalasHapus
  4. To anonim,
    Untuk menguji kehomogenan ragam tidak mesti harus melihat KK-nya dulu, langsung saja data anda uji kehomogenannya. Kalau ternyata hasil ujinya homogen, maka tidak perlu anda lakukan uji normalitas, karena data yang homogen pasti menyebar normal. Cara menguji dengan uji bartlett sudah saya posting silahkan anda pelajari. Kalau uji bartlett dengan excel bisa aja tapi tetap manual, kalau dgn minitab saya belum coba.

    BalasHapus
  5. pak terima kasih banyak ya udah beri masukan, saran, dan solusi, kalo boleh tahu bapak dosen ya,

    BalasHapus
  6. To anonim,
    Sebenarnya saya bukan seorang yang ahli di bidang ini. Saya hanya mencoba membagi pengalaman saya dalam bidang penelitian, mudah2an bisa bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan di negeri kita.

    BalasHapus
  7. askm pak, tolong saya, agar bapak membahas tentang semua regresi, polinomial,linear,tentang hubungan linear,,regreasi berganda,dan tentang peramalan,regressi kuadratik .saya tunggu pak sblumnya terima kasih

    BalasHapus
  8. aslm. pak sy mau minta tolong cara memberikan garis penghubung pada diagram batang yang menunjukkan adanya perbedaan bermakna pada kekuatan dari 4 bahan. sy tunggu, terima kasih

    BalasHapus
  9. To: Sapi
    Thanks ea udah mampir, semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  10. gan :( help me ane ge butuh aplikasi spss nih tapi cari d net yg gregotan g ada adanya demo lo g demo ya trial ane butuh yg full version wat tugas2 ane yg numpug apakah agan punya spss yang uda teruji???? gratis lagi :'(

    BalasHapus
  11. TO Anonim:
    Anda beli buku SPSS nya aja, biasanya dapat CD Tutorialnya. Saya pernah liat buku itu ada ko.

    BalasHapus
  12. mas, punya ebook statistik jilid I dan II punya Sutrisno Hadi ndak? klo ada tolong di-upload ato email ya mas...tengkyu

    BalasHapus
  13. pak, punya e-book atau buku tentang Statistika Teori dan Aplikasi jilid 2 pengarangnya J. Supranto?kalau ada bisa tolong email saya di missmide@yahoo.com soalnya saya perlu banget buat literatur penelitian Tugas Akhir saya..thanks

    BalasHapus
  14. Pak Abd Syahid, saya mau tanyak tentang kurva regresi linier. klo cara mencari faktor tunggal suatu/misal pupuk A saya tau pak. yang mau saya tanyakan jika terjadi interaksi antara pupuk A dan B, bagaimana cara meregresinya pak... klo bisa kasi tau juga cara menampilkannya di program excel ya pak!!
    mohon di jawab di "varizsng@yahoo.com" ya pak.
    thanks..!!

    BalasHapus

Terima kasih atas minat anda untuk membaca posting saya, silahkan beri komentar pada posting ini.