Tuesday, March 17, 2009

Rancangan Acak Lengkap (RAL)

Oke, kali ini saya akan menjelaskan tentang salah rancangan lingkungan yang paling sederhana yaitu rancangan acak lengkap atau biasa disebut RAL saja. Penggunaan RAL ini akan tepat apabila bahan percobaan dan kondisi percobaan anda bersifat HOMOGEN. Juga apabila jumlah perlakuan anda terbatas.

Kelebihan Penggunaan RAL adalah pertama denah perancangan percobaan lebih mudah dan analisis statistiknya sangat sederhana.

Pengacakan dan Tata Letak
Nah, sekarang bagamana cara melakukan pengacakan pada RAL ini?
Untuk memudahkan anda memahaminya saya misalkan suatu penelitian terdiri dari 3 perlakuan yaitu perlakuan A, B, dan C, yang diulang masing-masing 5 kali sehingga terdapat 15 satuan percobaan. Prosedur pengacakan dan tata letak adalah sebagai berikut :

Langkah pertama adalah dengan menggunakan Tabel bilangan acak, maka tentukan terlebih dahulu nomor urut dari 1 hingga 15 pada satuan-satuan percobaan yang sesuai. Tabel bilangan acak ini mungkin berbeda-beda pada beberapa referensi buku. Tapi yang penting adalah anda menggunakan tabel bilangan acak yang jelas referensinya. Di sini saya menggunakan tabel bilangan acak dari buku Gomez & Gomez.

Langkah kedua adalah tempatkan ujung pensil anda secara sembarang. Misalnya dari penempatan ujung pensil anda tersebut tepat pada baris ke-21 kolom ke-23.

Langkah ketiga, anda pilih 15 angka dalam susunan 3 digit (mengapa 15 angka? karena jumlah satuan percobaan kita ada 15), baik secara vertikal (ke bawah atau ke atas) atau horizontal ke kiri atau ke kanan), misalnya anda tetapkan saja secara vertikal ke bawah.
Berikut saya lampirkan sebagian dari tabel tersebut berikut ini :


Anda perhatikan angka-angka yang saya blok dengan kotak merah berjumlah 15 angka. Tempatkan ke-15 bilangan acak tersebut pada pada tabel berikut :

Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DI SINI

16 comments:

  1. Asslkm.
    Sangat membantu sekali, apa yang bpk jelas di dlam artikel tersebut, saya belajar dari NOL mengenai ini, kebetulan skripsi saya menggunakan RANCANGAN PERCOBAAN, jd saya sangat terbantu sekali, kebetulan wkt ngambil mata kuliah, saya tdk memilih mata kuliah rancob, saya belajar simulasi & pemodelan, jadi saya tadinya bingung. terimakasih banyak pak, mudah2an ilmu yang diberikan, akan menjadi kan amalan pahala yang tiada putus2nya. Amin...
    Wslm,

    Mulia Rahman, NAD.

    ReplyDelete
  2. Assalm..
    Saya mau tanya bgmn rancangannya kl menggunakn rancangan acak misalnya rancangan acak lengkap untuk industri kayu, tetapi sy mengaplkasikannya pada analisis kovarian.

    ReplyDelete
  3. Untuk anonim, saya mohon maaf sementara ini postingan saya belum nyampe pada analisis kovarian (masih pengeditan), tapi saya berikan acuan pada anda untuk mempelajarinya di buku Gaspersz, Vincent. Judulnya Metode Perancangan Perancangan Percobaan untuk Ilmu-Ilmu Pertanian, Ilmu-Ilmu Teknik, Biologi. Bandung. CV. Armico. 1991. Bab XII tentang analisis peragam. hal.382. terima kasih

    ReplyDelete
  4. to : Mulia Rahman, NAD
    Amien ... Amien ... Amen ....

    ReplyDelete
  5. Rancangan seperti penjelasan di atas digunakan utk budidaya, kalau rancangan utk penelitian pengolahan pangan lebih pasnya seperti apa, apakah harus menggunakan angka bilangan acak juga pak? mohon penjelasannya terimakasin.

    ReplyDelete
  6. To; Hani
    Apapun bentuk rancangannya, pengacakan dengan bilangan acak tetap wajib kita lakukan, karena pengacakan adalah unsur yang wajib ada dalam setiap perancangan percobaan, apapun bentuk percobaan atau penelitian kita yang menggunakan perancangan percobaan.
    btw: thanks atas kunjungannya ke blog saya yang sederhana ini.

    ReplyDelete
  7. Wah, terimakasih, sangat membantu, ada latihan soal/tidak?

    ReplyDelete
  8. Apapun bentuk rancangannya, pengacakan dengan bilangan acak tetap wajib kita lakukan, karena pengacakan adalah unsur yang wajib ada dalam setiap perancangan percobaan, . saya kok kurang setuju dengan pernyataan penulis yang satu ini. emang biasanya dalam rancangan percobaan digunakan pengacakan ( yang kemudian disebut metode acak). namun saya lihat kita juga bisa meninggalkan kewajiban acak ini jika menggunakan metode fixed ( tertentu) yaitu nilai nilai yang akan kita teliti telah kita tentukan sebelum dilakukan percobaan. perbedaanya apa? jika menggunakan metode acak hasil penelitian bersifat general untuk seluruh nilai perlakuan, namun kalo metode fixed kesimpulan yang didapat hanya diterapkan khusus untuk nilai ditetapkan (tidak general). kasus bila perlakuan A dengan nilai fixed 0,5 maka bila kesimpulan yang didapat H0 diterima maka hanya diterima khusus untuk nilai 0,5 sedangkan nilai yang lain kita tidak tahu karena tidak menggunakan metode acak. sumber Mongomeri

    ReplyDelete
  9. To Hamamamia.
    Apa yg anda katakan saya setuju. terima kasih atas tambahan informasinya. Dalam hal artikel ini maksud saya adalah perancangan dengan model acak. Jadi bersifat general. Thanks atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  10. saya ingin tanya pak, kalau saya ingin mngetahui apakah perlakuan kedatangan on time suatu kendaraan dengan terjadinya overtime kendaraan dalam 1 bulan (data harian) sebaiknya menggunakan rancangan apa ya pak?

    Trims..

    Yoga

    ReplyDelete
  11. edi: mohon informasinya, jika mencari nilai BNJ 0,05 (32;4) gimana caranya, soalnya di daftar tabel BNJ tidak ada?

    ReplyDelete
  12. To Anonim:
    Ambil db yg 30, karna yang 32 itu paling mendekati 32.

    ReplyDelete
  13. Astrin
    hai,..sy mau nanya klo penelitiaannya pada analisis statistik berbeda nyata (P<0,05) atau sangat nyata (P<0,01) artinya apa ya???

    ReplyDelete
  14. saya mau tanya jika saya ditanya dosen alasan saya secara spesifik mengambil metode RAL? apa yang harus saya jawab?
    saya jurusan teknologi pangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasan menggunakan RAL adalah bahwa bahan percobaan anda selain perlakuan harus homogen. Tidak hanya bahan, tempat percobaan anda juga harus homogen. Satu-satunya Yang berbeda hanyalah perlakuan anda saja.

      Delete

Terima kasih atas minat anda untuk membaca posting saya, silahkan beri komentar pada posting ini.