Wednesday, April 1, 2009

Pengujian Beda Pengaruh Perlakuan Percobaan Faktorial (2)

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menguji beda pengaruh perlakuan pada percobaan faktorial pada kasus yang berbeda. Untuk ini saya menggunakan contoh percobaan faktorial tentang pengaruh pemupukan N dan P terhadap hasil padi PB5 yang dilakukan pada sebidang sawah. Percobaan ini menggunakan rancangan lingkungan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 3 ulangan. Pemupukan N terdiri dari N0 = 0 kg N/ha, N1 = 60 kg N/ha, N2 = 120 kg N/ha, dan N3 = 180 kg N/ha sedangkan pemupukan P terdiri dari P0 = 0 P2O5/ha, P1 = 30 P2O5/ha , dan P2 = 60 P2O5/ha. Berikut data hasil pengamatan produksi padi:


Hasil analisis ragam (anova) dari data di atas adalah berikut ini :


Oke, sebelum kita melakukan pengujian beda pengaruh perlakuan, anda perhatikan hasil analisis ragam di atas. Dari hasil analisis ragam terlihat bahwa perlakuan interaksi tidak berpengaruh nyata sedangkan perlakuan tunggal N dan perlakuan tunggal P berpengaruh sangat nyata, maka konsekuensi logis yang harus anda lakukan adalah menguji perbedaan pengaruh pada masing-masing perlakuan tunggal tersebut. Dan karena pengaruh perlakuan interaksinya tidak berpengaruh nyata, maka anda tidak perlu melakukan pengujian lebih lanjut terhadap perlakuan interaksi tersebut.

Oke, kita mulai saja dengan menguji beda pengaruh perlakuan varietas. Dalam hal ini kita bisa menggunakan uji BNT, BNJ, atau DMRT, untuk ini kita gunakan saja uji BNT pada 5%. Dan untuk memudahkan pengujian kita buat tabel dua arah dari rata-rata perlakuan berikut ini :
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DI SINI

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas minat anda untuk membaca posting saya, silahkan beri komentar pada posting ini.