Thursday, April 2, 2009

Teladan Penggunaan Rancangan Acak Lengkap (RAL)

Oke, kali ini saya akan memberikan teladan penggunaan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Sebagai contoh saya gunakan data percobaan tentang respons enam varietas rumput makanan ternak (Varietas A, B, C, D, E, dan F) terhadap hasil panen hijauan (kuintal/ha). Percobaan dilakukan dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan ulangan 5 kali. Data hasil pengamatan hasil panen hijauan adalah sebagai berikut :


Baik saya mulai saja. Langkah pertama anda harus menghitung Jumlah kuadratnya seperti berikut ini :

Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DI SINI

14 comments:

  1. trims yach atas artikelnya krn sgt membantu saya dlm penyusunan materi penelitian saya. btw saya ingin minta bantuan bpk, dari tabel anova yg bapak jelaskan diatas(setelah nilai F Hitung dan F Tabel diketahui), bagaimana saya mengetahui dan mengatakan bahwa tabel tersebut menunjukan berbeda nyata dan tidak berbeda nyata. mohon penjelasannya. tlg balas ke email saya yach pak. thx bgt sebelumnya ,,,,,
    dari : ivan (ivan_june@rocketmail.com)

    ReplyDelete
  2. To Anonim.
    Sebelumnya saya luruskan dulu tentang istilah "berbeda nyata" dan "berpengaruh nyata". Istilah "berbeda nyata" digunakan untuk pengujian beda pengaruh antar perlakuan seperti pada uji BNJ, BNT, atau DMRT. Sedangkan istilah "berpengaruh nyata" digunakan untuk pengujian analisis ragam (anova).
    Kembali pada pokok permasalahan yg ditanyakan, tentang hasil uji anova, jika nilai F hitung lebih dari F tabel 5%, berarti berpengaruh nyata. Jika F hitung lebih dari F tabel 5% dan 1% berarti berpengaruh sangat nyata. Dan jika F hitung kurang dari F tabel 5% berarti tidak berpengaruh nyata (non significant).

    ReplyDelete
  3. aslm.. pak mau tanya.. jika saya mempunyai data percobaan RAL :perbandingan perlakuan air dengan limbah ex 100:900 dan selanjutnya dan dengan adanya perlakuan kontrol.. jika hasil analisis ragam RAL nya bedanyata sebaiknya juji lanjut nya saya menggunakan uji apa??(BNT,BNJ, ato DMRT)... please balas ke email saya ya pak... tahnks.. wasslam... (yulianariri88@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. Mau tanya pak, istilah yang tepat itu "berpengaruh tidak nyata" atau "tidak berpengaruh nyata". Demikian juga dengan "berbeda tidak nyata" atau "tidak berbeda nyata". Terima kasih.

    ReplyDelete
  5. To Anonim:
    Kalau pada Analisis ragam yang benar itu adalah "berpengaruh nyata' atau berpengaruh tidak nyata". Mengapa demikian, karena Analisis ragam hanya berkemampuan untuk melihat apakah perlakuan yang kita teliti itu akan memberikan pengaruh yang nyata atau tidak. Analisis ragam tidak bisa melihat apakah perlakuan kita itu pengruhnya berbeda atau tidak. Sedangkan istilah "Berbeda nyata" atau "Todak berbeda nyata", ini istilah yang menunjukkan apakan perlakuan yang kita teliti itu mempunyai perbedaan pengaruh terhadap respons yang diamati. Istilah ini dipakai ketika kita melakukan uji lanjutan yaitu uji beda pengaruh perlakuan seperti BNT, BNJ, DMR, dll. semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  6. saya ingin menanyakan apakah benar dengan menggunakan 7 perlakuan(5 konsentrasi berbeda dan 2 kontrol) dengan 3 ulangan sudah memenuhi syarat dari Rancangan Acak Lengkap??? terima kasih

    ReplyDelete
  7. To Anonim:
    Perlu saya tegaskan disini bahwa apapun bentuk perlakuan anda, tidak ada hubungannya atau tidak menentukan rancangan lingkungan apa yang akan anda gunakan. Syarat untuk menggunakan RAL adalah ketika lingkungan percobaan anda keadaannya relatif homogen. Jadi bukan perlakuan anda yang menentukannya.

    ReplyDelete
  8. mau nanya dunk...
    nih unit percobaan nya apa yah??
    truz pengamatannya apa??
    Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Unit percobaannya adalah sepetak lahan yang ditanami satu varietas Hijauan Makanan ternak.
      Pengamatannya adalah Hasil Panen hijauan makanan ternak (Kuintal/Ha)

      Delete
  9. mau tanya mengapa dalam uji BNJ yang sering digunakan itu 5%?kenapa bukan 1 % atau 10%?

    ReplyDelete
  10. Aslm...
    pak, saya mw tnya...
    saya akan mengadakan penelitian, pd penelitian saya ini akan di uji tingkat penyerapan air yg tercemar oleh logam berat antara 2 tanaman yg berbeda dg konsentrasi yg sama dan kedalaman air yg sama...
    apakah itu bisa dilakukan dengan metode RAL..??
    klo bisa, bgaimana cara pengolahan data'y pak..??
    mohon balasan'y yaa pak..
    trimakasih..

    ReplyDelete
  11. saya ingin bertanya,,,
    jika F hitung sama dengan nilai F tabel 5% atau 1%, jadi apakah dianggap bepengaruh nyata atau tidak nyata, Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terima kasih atas minat anda untuk membaca posting saya, silahkan beri komentar pada posting ini.