Tuesday, April 14, 2009

Teladan Penggunaan Rancangan Acak Kelompok (RAK)

Oke, kali ini saya akan memberikan teladan penggunaan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Sebagai contoh saya gunakan data percobaan tentang respons enam varietas rumput makanan ternak (Varietas A, B, C, D, E, dan F) terhadap hasil panen hijauan (kuintal/ha). Percobaan dilakukan dengan rancangan acak Kelompok (RAK) dengan ulangan 5 kali. Data hasil pengamatan hasil panen hijauan adalah sebagai berikut :


Baik saya mulai saja. Langkah pertama anda harus menghitung faktor koreksi dan Jumlah Kuadrat dari masing-masing sumber keragaman seperti berikut ini:



Selanjutnya anda hitung nilai Kuadrat Tengah dari masing-masing sumber keragaman seperti berikut ini :

Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DI SINI

4 comments:

  1. PAK Shahid, saya ingin bertanya, bagaimana pak jika jumlah ulangan dan jumlah perlakukan kurang dari 15 ? apakah saya perlu menambah perlakuanya atau ulanganya pak ? terima kasih BDP/2007

    ReplyDelete
  2. To Lingga.
    Bisa diperjelas kasusnya seperti apa ya. Yang 15 itu jumlah ulangannya atau perlakuannya atau jumlah satuan percobaannya?

    ReplyDelete
  3. terima kasi atas bloknya, sdah banyak membantu mengengenai rancangan percobaan akhirnya aku jadi mengerti dengan semua materi kuliah yg di berikan kepada saya. sekali lagi terimah kasih

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas blognya, sangat membantu sekali menjelaskan beberapa hal yang belum saya kuasai..
    saya ingin bertanya, jika F Hitung kelompok < F Tabel 5% tetapi > dr F tabel 1% bagaimana penjelasannya? Lalu bagaimana pula jika F Hitung kelompok > F tabel 5% dan 1%?
    Mohon bantuannya.. terimakasih..

    ReplyDelete

Terima kasih atas minat anda untuk membaca posting saya, silahkan beri komentar pada posting ini.