Sunday, June 21, 2009

Analisis Peragam (ANKOVA) dalam Percobaan RAK

Oke, kali ini saya akan membahas tentang Analisis Kovarian (ANKOVA) pada percobaan yang menggunakan RAK. Untuk ankova dari RAK akan mempunyai model :


Sebagai contoh saya gunakan data percobaan tentang respons empat varietas padi (Varietas A, B, C, dan D) terhadap hasil gabah dalam satuan ton/ha (Y) dan banyaknya anakan per rumpun (X). Percobaan dilakukan dengan rancangan acak Kelompok (RAK) dengan ulangan 3 kali. Data hasil pengamatannya adalah sebagai berikut :


Langkah pertama anda hitung nilai-nilai JK (XX) dan JK (YY) seperti biasa anda melakukan pada analisis ragam pada RAK. Hasilnya adalah sebagai berikut :
JK Umum (XX) = 58,9167
JK Kelompok (XX) = 56,1667
JK Perlakuan (XX) = 1,5833
JK Galat (XX) = 1,1667
JK Umum (YY) = 2,2233
JK Kelompok (XX) = 0,4695
JK Perlakuan (YY) = 1,4625
JK Galat (YY) = 0,2923

Langkah berikutnya anda hitung JHK (XY) untuk semua sumber keragaman dengan cara sebagai berikut :






JKGalat (XY) = JK Umum (XY) – JK Kelompok (XY) – JK Perlakuan (XY)
= 5,2758 - 3,4958 - 1,2592 = 0,2923

Langkah berikutnya anda hitung nilai JK Galat (YY terkoreksi) : 


Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DI SINI

17 comments:

  1. ANIS.
    Pak, mohon saya dibantu langkah-langkah analisisnya dengan menggunakan program spss 12, terutama pada ANKOVA RAK. trimakasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
  2. To: Anis
    Sorry ya Nis, saya belum pernah ngerjain ankova dgn spss 12, tp nanti saya usahakan membuat tutorialnya.

    ReplyDelete
  3. saya penelitian menggunakan RAK analisis ancova dan diuji BNT... saya bingung dengan rumusnya..terimakasih atas catatanya pak

    ReplyDelete
  4. Nurul Chairunnisa Utami PutriTuesday, May 25, 2010 7:21:00 PM

    assalamualaikum mas....
    aku mau nanya....
    punya catatan tentang uji atau contras orthogonal ngga???

    ReplyDelete
  5. To Peni.
    Trims atas kunjungannya. Peni pelajari ajah perlahan-lahan, pasti bisa kok.

    ReplyDelete
  6. To Nurul.
    Tentang Contras Orthogonal sementara masih dalam editing artikelnya. Nanti kalau selesai pasti saya posting.

    ReplyDelete
  7. bs nda ks contoh aplikasi anacova dalam bidang kesehatan

    ReplyDelete
  8. Pak mau nanya begini . hasil anova RAK saya f hitung kelompok berpengaruh tidak nyata .
    sedangkan f hitung perlakuan berpengaruh sangat nyata . yang mau ditanyakan apakah harus dilakukan uji lanjut . ? untuk uji lanjut saya menggunakan uji BNT .

    ReplyDelete
  9. To Anonim:
    Maaf saya tidak punya pengalaman meneliti di bidang kesehatan. Saya fokus di bidang pertanian.

    ReplyDelete
  10. To Anonim:
    Jika f hitung kelompok tidak berpengaruh nyata, hal ini berarti pengelompokan yg kita lakukan itu tidak berhasil atau dengan kata lain kita tidak berhasil dalam memaksimalkan keragaman antar kelompok. Tapi bukan berarti percobaan kita gagal dan harus diulang. Dan boleh jadi kalau seandainya percobaan anda dilakukan dengan rancangan RAL akan lebih baik. hasil F hitung pada pengelompokan tidak menentukan apakah harus dilanjutkan dengan dengan uji BNT atau uji lainnya, tapi lebih ditentukan pada hasil f hitung pada perlakuan. Jadi jika f hitung pada perlakuan berpengaruh nyata, maka harus dilanjutkan dengan uji beda pengruh nilai rata-rata (BNJ, BNT, dll) walaupun f hitung kelompok tidak menunjukkan pengaruh yang nyata.
    Semoga membantu.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih Pak atas pencerahanya.

    ReplyDelete
  12. mav pak saya mw tanya....say menggunakan rak faktorial(4x3)dgn 3 ulangn...mengapa kt galt saya selalu besar dan f hitung perlakuan saya dan f hitung interaksi saya selalu lebih kecil dari f tabel?mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  13. selamat pagi pak,,,saya seorang mahasiswa yg sedang melakukan penelitian...ada hasil analisis data saya yg saya kurang bisa mengerti. di hasil anovanya berbeda nyata tapi di uji lanjutnya notasinya sama semua.kira2 itu knapa ya pak???kmudian klo saya hanya mempunyai 4 kombinasi perlakuan dengan tiga ulangan apakah saya boleh menggunakan uji lanjut DMRT.rancangan yg saya gunakan RKLT Faktorial...terima kasih pak...

    ReplyDelete
  14. To Anonim:
    Saya tidak bisa memberi penjelasan lebih lanjut karna saya tidak melihat datanya secara keseluruhan. Tapi kalau memang begitu hasilnya berarti perlakuannya tidak berpengaruh nyata.

    ReplyDelete
  15. To Lindasari:
    Untuk pertanyaan yang pertama ada baiknya perhitungan anovanya di cek lagi atau kelayakan data untuk di analisis ragam diperiksa terlebih dulu seperti kehomogenan ragam.
    Untuk pertanyaan kedua, tidak mesti harus menggunakan rancangan faktorial atau tunggal atau RAL atau RAK kalau ingin menggunakan DMRT. Dalam hal ini justru lebih baik anda menggunakan uji DMRT.

    ReplyDelete
  16. bagaimana jika hasil f hitung kelompok dan f hitung perlakuan berpengaruh tidak nyata??? apa harus lanjut ato tidak???

    ReplyDelete
  17. pak,saya ingin bertanya ttg bagaimana mencari data hilang, data saya yang hlang sekitar 10 data. mohon infonya pak, secepatnya ya pak :-) atau rekan2 ada yg bisa membantu saya .

    kirimke email saya mulyasari23@gmail.com

    ReplyDelete

Terima kasih atas minat anda untuk membaca posting saya, silahkan beri komentar pada posting ini.